Senin, 11 Mei 2009

UMA atau Unlicensed Mobile Access

UNLICENSED MOBILE ACCESS

Pengenalan Generic Access Network

Unlicensed Mobile Access atau UMA, adalah nama yang komersil dari 3GPP Jaringan Akses Yang Umum, atau GAN (Generic Access Network). GAN adalah suatu/sebuah sistem telekomunikasi yang meluas melalui suara secara mobile, data dan IP Inisiasi Multimedia Subsystem/Session Protokol (IMS/SIP) aplikasi-aplikasi yang menawarkan jarinan-jaringan akses IP.

Aplikasi yang paling umum dari GAN adalah suatu dual-mode [jasa;layanan] ganjaran di mana para langganan dapat menjelajah tanpa hambatan dan mengatasi jaringan LAN tanpa kawat dan jaringan-jaringan area yang lebar/luas menggunakan sebuah GSM/Wi-Fi dual-mode mobile phone. GAN melakukan pemusatan secara mobile, memperbaiki dan Internet melalui telepon, kadang-kadang disebut sebagai Fixed Mobile Convergence.

Jaringan lokal didasarkan pada teknologi spektrum pribadi tanpa sim seperti 802.11, seperti jaringan yang lebar/luas sebagai alternatif GSM/GPRS atau UMTS mobile service.Pada jaringan selular, mobile handsetdapat digunakan untuk berkomunikasimelalui perantaraan udara dengan suatu stasiun pangkalan, melalui suatu pengontrol stasiun pangkalan, untuk server-server di jaringan inti dari pembawa.

Di bawah GAN sistem, ketika handset mendeteksi sebuah jaringan LAN tanpa kawat, hal ini dapat menetapkan sebuah pengamanan koneksi IP melalui suatu pintu gerbang untuk sebuah server yang disebut GAN Pengontrol (GANC) di jaringan pembawa. GANC menyajikan untuk jaringan inti mobile sebagai stasiun pangkalan selular yang standar. Handset dapat berkomunikasi dengan GANC melalui koneksi yang aman menggunakan protokol-protokol GSM/UMTS . Dengan begitu, ketika suatu mobile dari GSM ke jaringan 802.11 , hal ini nampak bahwa seolah-olah jaringan itu adalah hanya di suatu/sebuah stasiun pangkalan yang berbeda. [1]

Sejarah

UMA dikembangkan oleh suatu kelompok operator dan perusahaan penjual. Spesifikasi-spesifikasi awal diterbitkan pada 2 September 2004. Perusahaan kemudian menyokong spesifikasi-spesifikasi untuk 3rd Generation Partnership Project (3GPP) sebagai bagian dari jenis 3GPP "Generic Access to A/Gb interfaces". Pada 8 April 2005, 3GPP menyetujui spesifikasi-spesifikasi untuk Generic Access to A/Gb interfaces bagi 3GPP Release 6. Tetapi istilah GAN hanya sedikit diketahui di luar komunitas 3GPP itu sendiri, dan istilah UMA lebih umum dimanfaatkan dalam bidang pemasaran.

Pengertian UMA

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan "Unlicensed" ? pengertian Unlicensed adalah pengguna tidak perlu menggunakan bandwidth dari operator selular karena pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain yang berada dalam jangkauan operator selular yang sama atau yang lain hanya dengan menggunakan koneksi Internet dalam rumahnya, kantornya atau tempat tempat umum yang memiliki jaringan wireless jarak pendek yang terkoneksi ke Internet. Sebelum terjadinya koneksi untuk berkomunikasi dengan pengguna GSM/GPRS lain maka pengguna yang menggunakan UMA harus terlebih dahulu melalukan proses pengenalan-diri (authentication) dan meminta-ijin (authorization) dengan melakukan koneksi ke server UMA milik operator selular (kurang lebih sama seperti kita melakukan login ke forum sebelum kita melakukan posting, hanya saja dengan handset UMA maka kita tidak perlu lagi melakukan login secara manual karena semuanya berjalan secara otomatis).



Dengan gabungan jaringan wireless panjang dan pendek maka otomatis dan sangat memungkinan bahwa nantinya tidak akan ada daerah atau tempat yang tidak dapat mendapat signal untuk berkomunikasi, contohnya suatu gedung yang memiliki hingga 20 lantai dibawah tanah (basement) maka jika hanya mengandalkan jaringan GSM/GPRS maka akan sulit untuk mendapat signal yang bagus untuk berkomunikasi tapi dengan bantuan Bluetooth, WiFi atau bentuk koneksi wireless jarak pendek lainnya yang peralatannya jauh lebih murah dibanding pembangunan BTS (Base Transceiver Station) selular maka dengan mudah pihak pengelolah gedung tersebut membuat lantai bawah tanahnya dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

Point terpenting dari spesifikasi UMA adalah pada saat perpindahan komunikasi antar jaringan koneksi wireless (panjang atau pendek) semuanya harus berjalan mulus tanpa adanya gangguan atau "rasa" sedang/telah berpindah jaringan koneksi wireless dan setidaknya komunikasi yang sedang terjadi tidak akan terputus ketika berada diluar jaringan koneksi jarak pendek.

Bagaimana dengan VoIP ? VoIP hanya memiliki satu tujuan saja yaitu mempermurah biaya komunikasi dengan menggunakan jalur data lewat Internet, contohnya adalah Skype yang sekarang ini sangat terkenal dengan software Skype yang dapat dijalankan pada berbagai macam PDA (handheld device) dan komputer rumahan, para pengguna Skype tentunya harus selalu barada dalam jangkauan jaringan Internet yang hingga saat ini tidak luas, maka sekarang jika memang operator selular bisa memberi layanan UMA dengan harga murah, sama atau setidaknya harga yang kompetitif dengan layanan Skype maka layanan Skype akan hilang (tidak ada penggunanya) karena layanan UMA ditambah GSM/GPRS jelas memiliki daerah jangkauan yang jauh lebih luasb . [1]


Pertama kali munculnya teknologi dan gagasan UMA sebenarnya dulu membuat para operator selular kuatir akan turunnya pendapatan dari pengguna, hal ini sama seperti ketika dulu munculnya banyak program VoIP seperti Skype, tapi hal ini tidak dapat dielakkan lagi karena jika ada beberapa operator besar yang tidak menggunakan UMA maka akan ada banyak operator kecil yang akan terjun mendukung dan menggunakan teknologi UMA, maka hal ini akan membuat operator besar akan kehilangan pengguna dan menderita kerugian, maka akhirnya banyak operator dan perusahaan dari berbagai bidang berlomba untuk menyiapkan diri menyambut kedatangan layanan UMA.

Para analisis teknologi memperkirakan UMA akan menjadi streamline (umum) untuk masa 2 atau 3 tahun mendatang, hal ini karena produk-produk yang mendukung UMA masih sedikit dan infrastruktur operator masih perlu waktu untuk dibenahi agar mendukung UMA. Tapi cepat atau lambat maka teknologi wireless convergence (gabungan) akan terus berevolusi ke dalam bentuk yang lebih baik guna memuaskan semua penggunanya. karena biaya komunikasi akan kian murah, mungkin di negara-negara maju tidak lama lagi akan menetapkan harga flat rate (tetap) per-bulan untuk komunikasi suara dan data, kira-kira kapan hal ini akan terjadi di Indonesia ?

UMA/GAN Di luar Dual-mode

Selama UMA dihubungkan dengan dual-mode GSM/Wi-Fi jasa,ini adalah benar-benar sebuah ‘generic’ akses teknologi jaringan yang menyediakan suatu metoda yang umum untuk memperpanjang jasa dan aplikasi-aplikasi di suatu operator’s (voice, data, IMS) melalui IP dan public Internet.

GANmenjamin keamanan , mengatur koneksi dari inti mobile(GANC) untuk devices yang berbeda melalui IP.

Femtocells - GAN yang standar sekarang ini digunakan untuk menyediakan keamanan, mengatur, menstandarisasi hubungan dari sebuah femtocell kepada jaringan inti mobile. Baru-baru ini Kineto, NEC dan Motorola yang dikeluarkan sebuah proposal yang dihubungkan oleh 3GPP guna mempelajari kelompok kerja femtocells (juga dikenal sebagai ‘Home Node B’s or HNB) untuk mengusulkan GAN sebagai basis standar.

Adaptor Terminal Analog – Baru-baru ini T-Mobile AS meluncurkan suatu/sebuah fixed-line VoIP . Serupa dengan Vonage, konsumen-konsumen dapat menghubungkan nomor telepon mereka pada T-Mobile. Kemudian T-Mobile mengasosiasi suatu ATA (adaptor) terminal yang analog. Ada sejumlah UMA yang membolehkan adaptor-adaptor terminal tersedia hari ini.

Softmobile - Konsumen-Konsumen sudah memulai untuk gunakan alat penghubung pada PC mereka. Seperti Aplikasi-Aplikasi Skype yang menawarkan biaya yang rendah, menyenangkan untuk mengakses jasa teleponi selagi keliling. Sekarang mobile operator dapat menawarkan suatu jasaatau layanan yang yang serupa dengan sebuah UMA-enabled softmobile klien. Dikembangkan oleh Vitendo,klien menyediakan interface penghubung ke suatu/sebuah subscriber’s jasa mobile. Untuk operator mobile, jasa sekarang dapat diperluas pada sebuah PC/laptop, dan mereka dapat memberi jalan lain bagi konsumen-konsumen untuk menggunakan mobile service mereka. [2]

Bagaimana Teknologi UMA bekerja?

1. Pelanggan dengan sebuah UMA-enabled, dual mode handset bergerak dalam suatu jangkauan atau area jaringan tanpa kabel yang tak berlisensi menuju BTS yang mana handset tersebut diijinkan untuk berhubungan.

2. Ketika berhubungan, handset mengontak Pengontrol Jaringan UMA (UNC) di jalur lebar (broadband) yang mana IP mengakses jaringan untuk membuktikan keaslian dan memberikan hak akses GSM dan GPRS melalui jaringan tanpa kabel yang tak berlisensi.

3. Jika disetujui, lokasi informasi pelangan disimpan di jaringan inti untuk diperbarui dan di titik yang terhubung, semua data dan suara disalurkan menuju handset via Unlicensed Mobile Access Network (UMAN) daripada melalui radio access network (RAN).

4. ROAMING: Ketika UMA-enabled pelanggan berpindah atau bergerak di luar cakupan dari suatu jaringan tanpa kabel yang tak berlisensi, UNC dan handset memudahkan roaming untuk kembali ke jaringan luar yang berlisensi. penjelajahan Proses roaming ini adalah sepenuhnya sangat transparan bagi para pelanggan.

5. HANDOVER: Jika seorang pelanggan sedang mengaktifkan GSM voice call atau GPRS , maka voice call atau data GPRS akan secaaotomatis melakukan handover diantara jarinagn-jaringan akses tanpa mengalami gangguan. Handovers sepenuhnya transparan untuk langganan. [3]

Keuntungan penggunaan

Untuk para pembawa:

* Sebagai ganti setasiun-setasiun dasar yang mahal untuk menutupi tiap-tiap sudut dan celah suatu lingkungana serta mengisi zone-zone kosong, GAN mengijinkan para pembawa untuk menambahk penggunaan pemenuhan biaya yang rendah pada akses point 802.11 . Para Langganan di rumah mempunyai pemenuhan yang sangat baik.

* Sebagai tambahan, GAN membebaskan spektrum di GSM atau UMTS dengan memindahkan jenis panggilan yang umum dan melakukan proses routing untuk operator via Internet dengan biaya yang relatif rendah .

* Beberapa operator-operator lain menjalankan jaringan-jaringan 802.11 melalui hotspot , seperti T-Mobile. Mereka dapat menggunakan hotspoy ini untuk menciptakan kapasitas lebih dan menyediakan pemenuhan yang lebih baik di area-area yang padat penduduknya.

* para pelangganan, bukan jaringan, membayar secara langsung untuk sebagian besar layanan. Mereka membayar sebuah koneksi untuk Internet, dan secara efektif membayar bagian yang mahal dari lokasi mereka.

Untuk para langganan:

* para Langganan tidak bergantung pada kemampuan operator mereka untuk memenuhi kebutuhan, memperbolehkan mereka untuk menentukan/memperbaiki jenis dari pemenuhan zone-zone yang kosong (seperti di rumah atau kantor) mereka sendiri.

* daftar biaya pengiriman barang-barang yang lebih murah untuk penggunaan 802.11,dengan menggabungkan pemenuhan yang lebih baik , membuat lebih dapat diterima dan praktis pdigunakan pada cellphones sebagai ganti jalur yang melalui daratan.

* Menggunakan IP di atas 802.11 menghapuskan tuntutan biaya yang mahal ketika penjelajahan di luar sebuah jaringan pembawa.

* Sekarang ini GAN merupakan satu-satunya teknologi yang tersedia secara komersil yang menggabungkan antara GSM dan 802.11 ke dalam sebuah pelayanan yang menggunakan nomor tertentu;pelayanan yang tunggal dan direktori telepon tunggal untuk semua panggilan. [2]

Kerugian penggunaan

*Para pelanggan harus meningkatkan mutu Wi-Fi/UMA agar dapat membolehkan handset untuk mengambil keuntungan dari servis tsb.

* Seiring dengan peningkatanya, para konsumen mengambil keuntungan dari tarif data tak terbatas untuk membuat panggilan VoIP via SIP, seperti dengan Skype. Dengan GAN, pemakaian jenis tipe ini akan lebih mungkin dibebankan per-minute atau basis unit seperti saat melakukan panggilan suara , yang bisa meningkatkan ongkos panggilan tersebut. [2]

REFERENSI

[1] Samarinda.com

[2] www.wikipedia/Unlicensed_Mobile_Access/html.com

[3] http://www.umatechnology.org/participants/index.htm

DAFTAR PUSTAKA

http://www.umatechnology.org/participants/index.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar